Jumat, 21 Agustus 2015

on Leave a Comment

Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan pada Wanita

Keputihan atau disebut juga dengan flour albus merupakan suatu gangguan yang ditandai dengan adanya rasa gatal di dalam organ wanita dan disekiat bagian luar yang disertai dengan keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau berwarna putih kelabu. Keputihan sering terjadi pada wanita namun masih banyak wanita yang masih menyepelekannya. Jangan anggap remeh masalah keputihan, karena jika tidak segera diatasi akan dapat menyebabkan kanker rahim, kanker leher rahim atau kanker serviks. 
Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan pada Wanita


Penyebab Terjadinya Keputihan


  • Kurang Menjaga Kebersihan Vagina

Memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti kurangnya menjaga daerah kewanitaan dengan baik. Keputihan dapat membuat kelembaban pada vagina dan akan mengalami peningkatan untuk terjadinya infeksi dari bakteri patogen yang sangat mudah untuk menyebar.


  • Jamur Monilia atau Candidas
Jamur ini memiliki ciri berwarna putih seperti susu. Adaya jamur ini akan membuat keluarnya cairan kental sangat berbau tidak sedap dan dapat menimbulkan rasa  gatal di daerah sekitar vagina.


  • Bakteri Gardnella
Keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini akan memiliki ciri berwarna keabuan dan sedikit encer dan juga memiliki bau amis dan berbuih. Keputihan jenis ini akan dapat menimbulkan rasa gatal yang sangat luar biasa. 


  • Parasit Tricmonas Vaginalis
Gejala keputihan yang akan muncul adalah sekret yang berwarna agak kuning dan juga agak kehijauan, baunya tidak sedap dan juga agak berbusa. Masalah keputihan yang satu ini merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat dari infeksi protoza yang diakibatkan oleh Trichomoniasis vaginalis dan biasanya dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Cara Mencegah Keputihan 

 


  • Membersihkan Organ Intim
Bersihkan secara rutin vagina anda setiap hari dapat juga dengan menggunakan pembersih yang tidak dapat menyebabkan gangguan kestabilan pH pada daerah kewanitaan anda. Jangan lupa untuk mengganti celana dalam setiap hari dan setelah buang air kencing hendaklah daerah vagina dikeringkan dengan handuk halus agar tidak terjadi kelembaban.


  • Mengurangi Kegiatan yang Berat
Jika anda telah melakukan aktivitas yang berat membuat anda menjadi lelah, letih, kepanasan, dan banyak meneluarkan keringat. Untuk itu setelah melakukan aktivitas yang berat anda harus segera mandi dan jangan lupa untuk membersihkan daerah kewanitaan anda agar dapat mencegah terjadinya keputihan. 

  • Menggunakan Celana Dalam Tidak Terlalu Ketat

Celana dalam yang digunakan hendaknya memiliki pori-pori yang cukup agar dapat membuat sirkulasi kewanitaan tidak terganggu. 

  • Selama Menstruasi
Untuk dapat mencegah terjadinya keputihan pada saat menstruasi henaknya mengganti pembalut anda secara rutin. Mengganti pembalut setiap 4 jam sekali dapat menghindari penumpukan bakteri di dalam pembalut yang bisa masuk ke dalam vagina dan menyebabkan terjadinya keputihan. 

  • Membatasi Makanan atau Minuman Mengandung Gula

Membatasi mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula dan alkohol dapat menjadi cara untuk mencegah terjadinya keputihan. Gula yang berlabih di dalam tubuh akan dapat menyebabkan perkembangan jamur Candida menjadi meningkat.

Itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mencegah terjadinya keputihan pada wanita. Sebenarnya keputihan dapat dicegah dengan cara menjaga kesehatan tubuh terutama pada organ intim yang harus selalu rutin untuk dibersihkan juga menjaga setiap asupan makanan agar tidak dapat memicu terjadinya keputihan. Terimakasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.





0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.