Selasa, 07 Juli 2015

on Leave a Comment

Bahaya Kelebihan Vitamin dalam Tubuh

Vitamin merupakan sekelompok senyawa organik yang bermolekul kecil dan memiliki fungsi dalam metabolisme setiap organisme yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Asupan vitamin sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Vitamin dapat diperoleh dari berbagai makanan sehat seperti dari buah dan sayur. Namun, ternyata jika terlalu banyak mengosumsi vitamin juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin jika dikonsumsi secara berlebihan akan dapat membahayakan kesehatan dan memberi efek buruk terhadap tubuh.
 

Bahaya Kelebihan Vitamin dalam Tubuh


Bahaya Kelebihan Vitamin dalam Tubuh

Telah banyak diketahui bahwa vitamin sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Vitamin memang memegang peranan penting agar semua organ tubuh berfungsi secara optimal. Namun kebutuhan vitamin tersebut tidak sebesar seperti yang anda dibayangkan. Meskipun semua vitamin relatif aman untuk dikonsumsi, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, maka ada efek samping tertentu yang tidak baik dari sisi kesehatan. Apakah anda pernah mendengar tentang overdosis vitamin ? Tentu hal ini dapat saja terjadi jika vitamin yang dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Tubuh yang terlalu banyak mendapat asupan vitamin akan dapat menimbulkan berbagai hal yang negatif. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat terjadi jika anda kelebihan mengonsumsi vitamin, diantaranya :

  • Kelebihan Vitamin A

Vitamin A merupakan vitamin yang dapat larut dalam lemak, jika dikonsumsi secara berlebihan vitamin A akan tersimpan dalam sel lemak untuk beberapa waktu. Hal ini akan membuat urin sulit untuk keluar dari dalam tubuh. Selain itu, kelebihan vitamin A juga dapat menyebabkan :

1. Haid tidak teratur
2. Terjadinya ruam pada kulit.
3. Sakit kepala, mual dan muntah.
4. Menimbulkan gangguan pada lever.
Dalam tingkat yang sangat berat, kelebihan vitamin A juga akan menyebabkan gangguan jiwa. 

  • Kelebihan Vitamin B

Vitamin B adalah jenis vitamin yang paling banyak hingga B12 sebagai sub kategori terakhirnya. Jika kelebihan vitamin B maka akan menyebabkan :

1. Kurangnya refleks pada otot.
2. Terjadinya ketidakseimbangan pada tubuh.
3. Terjadinya ganguan otak.

  • Kelebihan Vitamin C

Jika anda mengonsumsi vitamin C secara berlebihan maka akan dapat menimbulkan beberapa hal diantaranya :

1. Kesulitan untuk tidur
2. Kudis
3. Diare
4. Muntah-muntah, pusing, mual da kram perut.
5. Membentuk batu ginjal.
6. Mengganggu pengobatan penyakit kanker.

  • Kelebihan Vitamin D

Jika kelebihan vitamin D maka akan menyebabkan batu ginjal. Banyaknya kalsium dalam aliran darah adalah penyebab dari hal ini. Kalsium yang berlebih yang tidak masuk ke tulang akan masuk ke dalam ginjal dan akhirnya membentuk batu. Kelebihan vitamin D juga akan menyebabkan gangguan pada jantung sehingga membuat ritme jantung menjadi tidak teratur.

  • Kelebihan Vitamin E

Mengonsumsi vitamin E secara berlebihan akan membuat kekuatan tulang rapuh sebelum waktunya. Selain itu mengonsumsi vitamin E secara berlebihan juga dapat menimbulkan terjadinya kanker prostat.

  • Kelebihan Vitamin K

Mengonsumsi vitamin K secara berlebihan akan dapat menyebabkan :

1. Kerusakan pada sel darah merah.
2. Kerusakan pada otak.
3. Menimbulkan penyakit kuning.

Sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidak selalu baik untuk kesehatan tubuh. Jadi menonsumsi secara teratur dan dengan tidak berlebihan sangat penting dalam mengonsumsi vitamin agar tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Konsumsi vitamin dari makanan yang sehat dan bergizi seperti dari buah dan sayur sangatlah penting untuk kesehatan. Namun ingat harus secara teratur dan tidak berlebihan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, terimakasih telah berkunjung.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.