Senin, 06 Juli 2015

on Leave a Comment

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki peran penting dalam membentuk penglihatan yang baik untuk tubuh kita. Vitamin A mempunyai 2 bentuk aktif yang dapat dicerna oleh tubuh manusia yakni dalam bentuk retinil palmitat dan betakaroten. Retinil palmitat dapat bersumber dari makanan hewani seperti daging sapi, ikan, susu, keju, ikan dll, sedangkan betakaroten dapat dihasilkan dari makanan nabati seperti wortel, brokoli, bayam dll. Jika tubuh kita kekurangan vitamin A, maka tubuh kita akan mengalami gangguan pernapasan, kerabunan hingga kebutaan. Oleh karena itu, kita dari kecil dianjurkan untuk memakan makanan 4 sehat 5 sempurna. 

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan 

 

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan


Manfaat vitamin A
selain dapat menjaga kesehatan mata, ternyata vitamin A juga memiliki manfaat yang lain bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya :

  • Menjaga Kesehatan Mata

Dalam menjaga indera penglihatan manusia, vitamin A memiliki peranan yang sangat penting. Vitani A dapat menyalurkan onjek yang diterima retina ke otak menjadi sebuah gambar. Senyawa retinol yang terkandung dalam vitamin A yang sangat penting dalam menjaga kesehatan mata. 

  • Menjaga Aktivitas Antioksidan

Betakaroten salah satu bentuk yang dapat dicerna dari vitamin A yang berasal dari sayuran yang kita konsumsi seperti wortel, bayam dan brokoli akan mampu untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas banyak yang berasal dari reaksi oksidasi dalam tubh mauun polsi di lingkungan sekitar yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan dalam tubuh dapat membantu untuk mencegah kerusakan materi genetik yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga membuat laju mutasi menjadi tertekan. 

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh berperan penting dalam melawan protein dan molekul jahat yang masuk ke dalam tubuh. Vitamin A akan dapat membantu untuk meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi di dalam tubuh. Hal ini akan mampu  membuat tubuh menjadi resisten terhadap senyawa toksin mapun serangan mikroorganisme parasit seperti bakteri patogen dan virus. Vitamin A akan dapat melindungi tubuh dari infeksi organisme asing seperti bakteri patogen dan mekanisme pertahanan termasuk sistem imun eksternal karena berasal dari luar tubuh. 

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Vitamin A dapat membantu dalam memercepat proses penyembuhan luka karena vitamin ini mampu untuk menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita.

  • Mencegah Kanker Payudara

Dari hasil penelitian terbaru ilmuan di Amerika mengunkapkan bahwa vitamin A dapat menghambat pertumbuhan kanker yang sering menyerang wanita yakni kanker payudara. Meskipun tidak secara langsung, namun vitamin A dalam bentuk asam retinoat atau retinol yang akan dapat menghambat pertumbuhan jaringan kanker.

  • Membantu Pertumbuhan

Vitamin A juga ternyata sangat diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan embrio pada janin seta menentukan gen pada proses pembentukan organ-organ perkembangan embrio.

Itulah beberapa manfaat dari viamin A untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu asupan vitamin A sangat diperlukan tubuh kita, sehingga mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A penting untuk dilakukan secara rutin. Namun dalam mengonsumsi vitamin A harus sesuai dengan kebutuhan tubuh atau tidak secara berlebihan karena akan menimbulkan berbagai penyakit. Jadi dalam mengonsumsi vitamin A harus sesuai dengan kebutuhan tubuh agarkita dapat mendapatkan manfaat yang berguna dari vitamin A untuk kesehatan tubuh kita. Selain yang telah dijelaskan diatas masih banyak manfaat lain dari vitamin A untuk kesehatan dan berperan penting untuk tubuh kita, itu hanya sebagian kecil saja yang dapat dirasakan manfaatnya secara langsung.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.